Jumat, 30 November 2012

Transfer anggota AKB48



Perombakan besar dalam susunan anggota AKB48 diumumkan pada malam pertama konser grup AKB48 di Tokyo Dome, 24 Agustus 2012. Anggota AKB48 ditransfer ke grup-grup saudari atau ke luar negeri. Haruka Nakagawa dan Aki Takajo ditransfer sebagai anggota JKT48. Keduanya berasal dari Tim A, Nakagawa dari generasi ke-3 dan Takajo dari generasi ke-6. Haruka Nakagawa memiliki unit bernama Watarirouka Hashiritai 7, dan berpengalaman sebagai anggota senbatsu pada singel "Heavy Rotation" dan "Chance no Junban". Aki Takajo memiliki unit bernama French Kiss, dan telah berulang kali menjadi anggota senbatsu. Pada pemilihan umum senbatsu untuk singel ke-27 yang diadakan tahun 2012, namanya berada di urutan ke-17.
Aki Takajo dan Nakagawa Haruka secara resmi berseragam JKT48 sejak awal November 2012. Menandai bergabungnya dua WNA asal Jepang tersebut, pada Sabtu sore tanggal 3 November 2012 empat anggota JKT48, Shania, Rena, Melody dan Ayana bertolak menuju Jepang untuk menghadiri 'Special Event with JKT48' di AKB48 Cafe & Shop Akihabara keesokan harinya (04/11). Ratusan fans AKB48 terlihat mengantri dengan tertib di depan cafe Minggu pagi untuk berpartisipasi dalam acara ini, meskipun jumlah peserta dibatasi hanya 80 orang saja. Acara diisi dengan adu talenta antara 3 anggota asal Indonesia (Shania, Melody dan Ayana) menghadapi 3 anggota asli Jepang (Rena, Aki dan Haruka) serta sesi tanya jawab dengan peserta. Di akhir acara, keenam anggota JKT48 diminta menyanyikan 'Heavy Rotation' versi bahasa Indonesia. Meski awalnya terlihat ragu, Aki dan Haruka akhirnya ikut bernyanyi meskipun dengan bahasa Indonesia yang belum terlalu fasih. Haruka mengucapkan perpisahan dengan AKB48 dan menyatakan akan berusaha keras agar JKT48 dapat mengalahkan popularitas AKB48.
Aki dan Haruka tampil untuk pertama kalinya bersama para anggota JKT48 dalam siaran langsung di Televisi Indonesia pada tanggal 17 November 2012 dalam acara Dahsyat di RCTI. Meski demikian, kedua personil asal Jepang ini hanya tampil dalam segmen obrolan, sebagai bentuk perkenalan kepada publik Indonesia. Pada kesempatan itu, JKT48 membawakan dua buah lagu, yaitu 'Baby Baby Baby' dan lagu baru berjudul 'Gomen Ne Summer' yang merupakan cover dari single sister group mereka SKE48. Lagu 'Gomen Ne Summer' ini baru ditampilkan kepada publik untuk pertama kalinya.